twitter
rss





Pada dasarnya tujuan setiap orang menulis di blog adalah sebagai tempat curhatan pribadi (buku diary) dan sebagai tempat memberikan informasi kepada orang lain seperti informasi tentang bisnis, berita, tutorial, tips, dan lain-lain.

Jadi, jika tujuan kamu menulis di blog sebagai curhatan pribadi sebaiknya berisikan kehidupan yang kamu alami sehari-hari. Tetapi, jika sebagai tempat memberikan informasi maka sebaiknya isi blog tentang informasi yang bermanfaat dan disesuaikan dengan tema blog tersebut.

Lalu, bagaimana harus menulis blog selain terlihat menarik dan juga dapat meningkatkan jumlah pengunjung? Beberapa tips yang akan saya berikan, bagaimana menulis blog agar terlihat menarik dan disukai pengunjung. Mari sama-sama kita membahasnya disini:

1. Sebelum menulis blog, tetapkanlah motivasi kamu terlebih dahulu
Sebelum menulis blog, tentukan terlebih dahulu untuk siapa blog tersebut kamu tulis apakah untuk diri sendiri atau orang lain? Jadi, beberapa kemungkinan saat kamu baru menulis, kamu akan merasa tidak perduli ("masa bodoh" untuk bahasa gaul sekarang) apakah blog kamu akan dibaca orang lain atau tidak sama sekali. Karena fakta menunjukan, apabila kamu mendapatkan umpan balik (feedback) dan komentar dari orang lain maka akan membantu meningkatkan keinginan dan motivasi kamu untuk tetap terus menulis di blog.

2. Melakukannya secara berkala (1x setiap hari, 1 atau 2x seminggu)
Sebaiknya menulis blog dilakukan secara secara berkala sehingga menjadi kebiasaan buat kamu untuk terus menulis, dan menyediakan waktu atau jadwal yang tepat adalah langkah yang baik untuk menulis blog. Kamu dapat mengatur waktu tersebut seperti 1x setiap hari, 1 atau 2x seminggu sambil mencari topik lain yang menarik untuk kamu jadikan sebagai materi di posting berikutnya.

3. Tulis isi blog dengan jelas, padat, dan informatif
Saat kamu mulai menulis blog, pastikan kondisi pikiran dalam keadaan santai / rileks tanpa terbebani perasaan bahwa blog yang akan kamu tulis ini harus bagus dan rapi, karena apabila blog kamu telah terpublish tetapi terjadi kesalahan seperti beberapa kata ada yang kurang satu huruf, bentuk tulisan terlalu kecil atau terlalu besar, dan lain-lain maka kamu dapat memperbaiki / mengeditnya kembali sesuai keinginan karena di blog sudah memiliki berbagai jenis format tulisan dengan jenis dan ukuran.

4. Jadi diri sendiri itu lebih baik
Di dalam menulis blog jangan pernah takut mengungkapkan pendapat atau beropini, karena blog bukan media formal yang akan menyalahkan kamu. Kelebihan dari blog adalah pribadi (personality) dan karakter dari sang penulis atau blogger berada dibalik blog tersebut, jadi biarkan karakter kamu muncul melalui tulisan blog tersebut. Makin jujur dan terbuka isi tulisan sebuah blog, biasanya akan membuat semakin menarik perhatian para pembaca / orang lain. Tidak perlu menulis dengan kata EYD yang resmi atau baku pada blog sendiri, jadi kamu bebas menulis kata-kata apapun selama itu bersifat hal yang positif..

5. Promosikan blog anda secara sederhana
Beritahukan kepada teman dan orang-orang yang dekat dengan kamu baik melalui internet atau kehidupan nyata (real life) bahwa kamu telah memiliki blog baru, jika melalui internet, sosial network (facebook, twitter, dll), forum, atau email dapat dilakukan dengan cara menuliskan alamat blog kamu dibawah pesan tersebut atau sisipkan signature alamat blog dibawah nama kamu pada saat mengirimkan email kepada teman.

6. Berikan komentar pada blog lain yang kamu kunjungi
Pada saat kamu membaca blog orang lain, berilah komentar dipostingan artikel mereka dan jangan lupa meninggalkan link alamat blog kamu. Karena, beberapa kemungkinan owner blog atau pengunjung lain di blog tersebut penasaran dengan link yang kamu berikan dan tertarik untuk berkunjung.

7. Menggunakan internal di setiap postingan
Usahakan setiap postingan baru di blog anda bisa nge-link pada postingan blog sebelumnya. Ini berguna sebagai internal linking agar blog anda memenuhi SEO (Search Engine Optimization).

8. Menggunakan anchor text
Anchor text (kata yang mempunyai link) di gunakan pada kata atau kalimat yang ada hubungannya dengan nama seseorang, tempat atau nama blog lain, dan pada kata/ kalimat tersebut usahakan nge-link pada website resmi atau blog lain sehingga bisa menambah kekayaan informasi pada blog anda.

Sedikit informasi diatas semoga bermanfaat, sehingga dapat membuat blog kamu terlihat menarik dan membantu meningkatkan pengunjung yang datang mengunjungi blog kamu.

Jangan lupa untuk memberikan feed counter banner di blog kamu untuk melihat peningkatan jumlah pembaca artikel di blog kamu dan membuat translator widget darigoogle translate untuk memudahkan pengunjung blog kamu jika sewaktu-waktu berasal dari negara lain.

0 komentar:

Poskan Komentar